Breaking News

JAMBU AIR KING ROSE APLE


JAMBU AIR KING ROSE APLE

Jambu air king rose aple merupakan jambu air hasil introduksi dari Thailand, buahnya bulat lonjong dengan warna merah muda. Daging buahnya manis, renyah dan kadar air tinggi. Ketika muda buahnya berwarna hijau tetapi ketika matang berwarna merah muda.

Jambu air king rose aple tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi (0-1000 m dpl), dengan suhu  18-28o C, dengan curah hujan 500-3000 mm/tahun dan musim kemarau 4 bulan. Dengan adanya musim kemarau ini menghasilkan jambu air king rose aple dengan rasa yang manis. Kelembaban yang diinginkan sekitar 50-80% dan intensitas cahaya 40-80%.

Tanah yang cocok adalah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik dengan pH tanah 5,5-7,5. 

MEMILIH BIBIT

-       Cari bibit hasil okulasi, sambung pucuk, stek atau cangkok
-       Umur bibit minimal 4 bulan dengan jumlah daun minimal 6 helai.

-      Bibit bebas dari serangan hama dan penyakit ditandai dengan batang mulus tidak berlubang, daun mulus dan jika berbuah, buahnya tidak busuk.




PENANAMAN DI POT

-       Siapkan pot dengan diamter minimal 50 cm, masukan pupuk kandang, kompos dan tanah organik (komposisi 1:1:1) kedalam pot sampai  batas 5 cm dari bibir pot. Padatkan dengan cara menggoyang-goyang pot, kemudian siram sampai jenuh dan biarkan 2-3 hari agar media tanam mengendap dan stabil.
-       Ambil bibit yang bagus, lepas bibit dengan cara menggunting polybag, periksa kondisi perakarannya. Pastikan akarnya sehat.
-       Masukan bibit kedalam pot usahakan di tengah dan tambahkan media campuran diatas.
-       Siram air secukupnya sampai merembes dari dasar pot.
-       Tempatkan ditempat teduh sampai muncul tunas baru.

PENANAMAN DI LAHAN

Penanaman dilahan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan pada waktu sore hari, dengan tujuan agar tanaman mendapatkan kebutuhan air yang cukup untuk pertumbuhannya dan tidak terlalu tersengat sinar matahari.


-       Buat lubang tanam ukuran Panjang x lebar x kedalaman (50 x 50 x 50 cm) dengan jarak antar lubang 4 x 4 meter.

-       Tanah galian dicampur kompos tau pupuk kandang 15 kg, NPK 200 gram dan kapur pertanian (dolomit 2 kg) aduk kemudian masukan kembali kedalam lubang tanam. Siram dan biarkan 2 minggu.

-       Buat lubang pada tempat tanam seukuran polybag bibit jambu king rose aple.

-       Lepaskan polybag dengan cara menyiram dulu bibit, tekan dengan cara dikepal agar tanah media tidak pecah, kemudian gunting polybag pada bagian pinggirnya.

-       Masukan bibit kedalam lubang tanam. Setelah masuk, urug bibit dengan media organik hingga pangkal batang dan rata dengan permukaan tanah. Tekan-tekan hingga padat media disekitar bibit.

-       Beri ajir bambu dan ikat dengan longgar agar bibit berdiri tegak.





      Untuk menghindari dehidrasi buat naungan dari daun pisang, atau kelapa selama 1-2 minggu.

Tanaman jambu air king rose aple yang sudah ditanam apabila tumbuh rumput atau gulma disekitar tanaman pokok maka perlu dilakukan penyiangan. 

Pengairan dan penyiraman dilakukan rutin sehari 2 x pada musim kemarau pada pagi dan sore pada awal pertanaman, sedangkan yang dilahan apabila penenaman musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman, kecuali pada msuim kemarau.


PEMUPUKAN 

Untuk tanaman di lahan pemupukan dilakukan 3 bulan sekali dengan 25 kg pupuk kandang dan 50 gram NPK per pohon sampai umur 1 tahun.

Umur 1 tahun pemupukan dengan pupuk kandang 25 kg dan NPK 150 gram per pohon.
Umur 2 tahun pemupukan dengan 50 kg pupuk kandang dan 500 gram NPK per pohon.
Umur diatas 3 tahun pemupukan dengan 50 kg pupuk kandang dan 1000 gram NPK per pohon pertahun.

Untuk tanaman yang ditanam didalam pot pemupukan dilakukan dengan NPK 25 gram perpohon di benamkan didalam pot. Pemupukan dilakukan sebulan sekali.

Pada saat tanaman berbuah pemupukan dilakukan 100 gram per pohon per 4 bulan.

No comments