join

Breaking News

MENGENAL ISTILAH-ISTILAH ANGGREK


MENGENAL ISTILAH-ISTILAH ANGGREK


 

BIBIT BOTOLAN merupakan tunas-tunas anggrek yang ditumbuhkan adalam botol melalui sistem perbanyakan kultur jaringan.



AKLIMATISASI merupakan suatu proses pengeluaran bibit anggrek dari dalam botol yang tadinya suhu terkontrol ke lingkungan tidak terkontrol.

COMMUNITY POT (KOMPOT) adalah kumpulan bibit anggrek asal botolan yang ditanam bersama dalam satu pot.



SEEDLING TUNGGAL merupakan tanaman anggrek hasil seleksi dari kompot yang tumbuh optimal, biasanya berumur 4 sd 5 bulan setelah AKLIMATISASI.  Untuk Dendrobium biasanya berdaun 4 sd 8 lembar. Anggrek bulan 2 sd 4 lembar daun.


REMAJA adalah hasil pembesaran dari seedling biasanya berumur 6 sd 8 bulan dihitung sejak aklimatisasi atau berdaun 6 sd 8 lembar untuk Dendrobium dan 4 sd 6 daun untuk anggrek bulan.

DEWASA merupakan tanaman hasil pembesaran dari tanaman remaja dan telah berumur 9 sd 12 bulan di hitung dari aklimatisasi. Dendrobium berdaun 8 sd 12 lembar daun dan anggrek bulan berdaun 4 sd 8 buah.



DEWASA BERBUNGA ialah tanaman anggrek yang sudah berbunga atau memiliki bakal bunga (spike). Untuk dendrobium hibrid biasanya sudah berumur diatas 12 bulan pasca aklimatisasi, sedangkan untuk spesies berumur diatas 2 tahun. Untuk anggrek bulan hibrid diatas umur 16 bulan.





No comments