join

Breaking News

EUCALYPTUS DEGLUPTA (RAINBOW)


 EUCALYPTUS DEGLUPATA

Eucalyptus Deglupta dikenal juga dengan Gum Mindanau atau Gum Rainbow berwarna belang dengan multi warna pada batang yang berasal dari kulit luar yang tumbuh setiap tahunnya pada waktu berbeda, menunjukan kulit hijau cerah dan gelap. KONSULTASI WA 085281220004. Warna batang pohon ini kemudian menjadi lebih gelap sebelum berganti biru-biru, ungu, oranye dan kemudian merah marun.


Eucalyptus deglufta merupakan spesies dari Eucalyptus yang hanya ditemukan secara alami di belahan bumi utara. Tumbuh secara alami di New Britain, New Guinea, Pulau Seram, Sulawesi dan Mindanau.

Perbanyakan Eucalyptus deglupta dengan biji memiliki beberapa kelemahan yaitu: tingkat keseragaman rendah, pertumbuhan lambat, bibit biasanya terkontaminasi penyakit, batang kurus, usia panen lebih lama sehingga pengembalian modal lama.

Kendala diatas dapat diatasi dengan teknik stek pucuk dengan perlakuan hormon pertumbuhan dengan memanfaatkan pohon Eucalyptus deglupta yang memiliki sifat-sifat unggul sebagai tanaman induk dengan teknik stek pucuk perlakuan hormon tumbuh maka didapatkan bibit Eucalyptus deglupta yang memiliki tingkat keseragaman tinggi, batang lurus, tinggi, sedikit cabang, bebas kontaminasi hama dan penyakit, usia panen lebih cepat sehingga pengembalian modal lebih cepat. KONSULTASI WA 085281220004.


KEUNGGULAN EUCALYPTUS DEGLUPTA ( RAINBOW )
1.Tinggi pohon dapat mencapai 45 meter
2.Batang bundar dan tegak lurus ( diameter bisa mencapai 200 cm )
3.Tekstur kayu halus sampai agak kasar
4.Permukaan kayu licin atau agak licin dan mengkilap serta berwarna.
5.Panen 7 tahun ( diameter 40 sd 60 cm )
6.Kemampuan menahan air dan menyimpan air sangat tinggi. ( dapat hidup di daerah rawa )
7.Mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah besar.
8.Cabang dan ranting dapat rontok sendiri
9.Daun dapat disuling untuk minyak atsiri
10. kayu digunakan untuk pulp, kayu lapis, batang korek api, peti, meubel, bahan bangunan dll



KONSULTASI WA 085281220004

No comments